Ahmad Subhan Terpilih Sebagai Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Malang 2022-2026

pimpinan daerah pemuda muhammadiyah kota malang

Ratusan pemuda berbondong-bondong Ahad pagi, 3 September 2023 menuju aula Kampus II Universitas Muhammadiyah Malang di Jalan Bendungan Sutami. Hadir juga utusan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang sebagai undangan, yakni Ibu Hj. Uzlifah S.S dan Ibu Jihan Mawaddah, S.Pd bersama dengan jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Malang, Nasyiatul Aisyiyah Kota Malang, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Malang, hingga Hizbul Wathan.

Meriah! Begitu kesan penulis saat menghadiri Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah Pemudah Muhammadiyah Kota Malang pagi itu.

Bagaimana tidak? Sedikitnya ada 200-an pemuda Muhammadiyah yang hadir di aula dan memenuhi kursi-kursi untuk ikut serta memberikan suaranya, memilih kader terbaik untuk memimpin Pemuda Muhammadiyah Kota Malang empat tahun ke depan.

Berlangsung dengan khidmat, akhirnya pukul 16.00 pemilihan telah usai. Ahmad Subhan terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Malang 2023-2027. Ahmad Subhan menggantikan Mujahidin Ahmad yang menjabat Ketum PD Pemuda Muhammadiyah Kota Malang periode 2018-2022.

Ahmad Subhan terpilih melalui rapat anggota formatur yang beranggotakan 11 orang. Selain itu, Ainur Rifqi dan Fauzi Syafar Hakim terpilih sebagai Sekretaris & Bendahara PD Pemuda Muhammadiyah Kota Malang.

pimpinan daerah pemuda muhammadiyah kota malang
Sekretaris, Ketua, dan Bendahara PDPM Kota Malang 2022-2026

Mujahidin Ahmad berharap pimpinan baru ini dapat menjadi penerus generasi Muhammadiyah yang memiliki kecakapan ilmu & akhlak dalam mengemban dakwah keummatan.

“Saya berharap kita semua terus meningkatkan khazanah keilmuan & keislaman yang menjadi spirit dakwah Pemuda Muhammadiyah sebagai bentuk aktualisasi pemuda negarawan yang mampu meneruskan cita-cita Muhammadiyah” kata Mujahidin saat sambutan, Minggu, (3/9/2023).

Ahmad Subhan sebelumnya merupakan Bendahara PD Pemuda Muhammadiyah periode  2018-2022.

Musyawarah Daerah PD Pemuda Muhammadiyah ke-8 yang digelar di Kampus II Universitas Muhammadiyah Malang tersebut dibuka oleh Anang Nafiuzzaki sebagai Ketua Umum PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur. Hadir juga dalam acara pembukaan Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang Prof. Dr. Abdul Haris, MA serta sejumlah pimpinan ortom Muhammadiyah lainnya.

anggota formatur PDPM Kota Malang
11 anggota Formatur terpilih PD Pemuda Muhammadiyah Kota Malang

Berikut ini 11 anggota Formatur terpilih PD Pemuda Muhammadiyah Kota Malang:

1. Ahmad Subhan (181)

2. Radha Prasetyo (177)

3. Sawaludin Usman (169)

4. Mohammad Saifudin (167)

5. Ainur Rifqi AR (160)

6. Fauzi Syafar Hakim (154)

7. Hasan Albana (147)

8. Muhammad Ridwan (143)

9. Ahmad Rizki Mubarak (143)

10. Yusa Feriyadi (130)

11. Surya Agung Sabda (129)

Harapan Ahmad Subhan Untuk Pemuda Muhammadiyah

Dalam sesi wawancara, Ketua Terpilih mengatakan: “Visi pemuda muhammdiyah kota Malang selaras dengan maksud dan tujuan Pemuda Muhammadiyah, yaitu menghimpun, membina dan menggerakkan potensi pemuda Islam demi terwujudnya kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.”

Untuk mencapai tujuan visi tersebut, maka misi utama Pemuda muhammadiyah kota Malang perlu mengkonsolidasikan seluruh pimpinan dan anggota. Jika Pemuda Muhammadiyah sudah solid, maka gerak langkah dakwah akan menjadi lebih mudah. 

Pemuda Muhammadiyah Kota malang juga perlu bersinergi dengan Muhammadiyah & Aisyiyah serta ortom-ortom yang berada di bawah naungan Muhammadiyah. Semakin baik kerja sama program dengan seluruh ortom, maka tujuan bersama akan lebih mudah dicapai. 

Selain itu, PDPM Kota Malang juga harus berkolaborasi dengan pemerintah, organisasi keagaaman, organisasi kepemudaan, dan berbagai komponen di Kota Malang. Peran Pemuda Muhammadiyah harus terlihat dan dirasakan manfaatnya dalam membangun kota Malang berkemajuan.

Alhamdulillah, mari kita doakan semoga sebelas pemimpin terpilih ini bisa menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya. Aisyiyah Kota Malang akan terus memberikan support bagi kader penerus bangsa ini agar Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa memberikan warna untuk masyarakat Kota Malang khususnya dan bangsa Indonesia.

Selamat bertugas wahai Pemuda!

Picture of admin

admin

Leave a Replay